Minggu, 25 September 2011

Minggu pagi di Mataram field

       Pekalongan selalu memberikan hiburan tersendiri bagi warganya, salah satu nya adalah yang ada setiap hari ahad pagi di lapangan mataram, kami orang pekalongan menyebutnya party alias pasar tiban, party kedengaranya seperti pesta, mungkin memang benar, karna party ala pekalongan ini selalu menyuguhkan hiburan tersendiri layaknya pesta rakyat. Mungkin di daerah lain kita mengenal sebutan pasar kaget, pasar malam dsb, nah pasar tiban ini kurang lebih demikian.
        Pasar tiban di Pekalongan sudah sangat melekat di masyarakat, ini terbukti setiap desa biasanya mengadakan party seminggu sekali. namun yang ada di lapangan mataram ini jauh lebih padat penjual dan pembeli dibandingkan dengan pasar tiban yang ada di kampung-kampung.


   
   Entah saya sendiri tidak tahu kapan persisnya kegiatan ini dimulai, yang jelas dengan adanya pasar tiban mataram ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga pekalongan, betapa tidak, mulai pukul 5.30 lapangan sudah ramai orang lari pagi maupun bersepeda setelah shalat subuh, dari malam harinya pun para penjaja sudah ada sebagian yg berjualan di sekeliling lapangan, sisanya pagi buta mereka membuka lapak dagangan. aneka barang dan makanan dijajakan disana, dari pakaian anak hingga dewasa, aneka macam jilbab, kain, aneka kuliner sarapan pagi hingga arena bermain anak sederhana, bahkan penjual hewan pun ada, jadi saat kita mengitari lapangan dengan tujuan melihat-lihat atau berbelanja, secara tidak langsung kita juga sedang berolahraga, karna lumayan keringetan juga muterin 1 lapangan, hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar