Kamis, 15 September 2011

Everyone can cook

Ya! setiap orang pasti bisa memasak.
Saya bukan cuma ingin membesarkan hati para wanita yang belum bisa memasak, namun juga akan memberikan sedikit tips-tips dan aneka resep basic sehari-hari...

Ada yang bilang, dijaman dulu wanita tidak pandai memasak adalah hal yang tidak wajar, namun sekarang, tidak semua anak gadis bisa memasak apalagi pandai memasak, hal ini dapat dikatakan langka lo. bahkan saya sendiri dapat dikatakan bisa memasak ketika saya sudah menikah. awalnya motifasi nya sangat sederhana "masa, seorang istri ngga bisa masak?, atau masa iya mo jajan di warung terus" berbekal dua kalimat ini, saya akhirnya mencoba untuk memasak, meski untuk itu saya harus download puluhan resep masakan bahkan untuk resep mudah seperti sayur sop pun saya harus download dan ngga jarang ada laptop masuk dapur, hahaha

Tapi setelah saya belajar sedikit ilmu gizi di bangku kuliah, saya semakin mantap bahwa memasak itu adalah suatu kewajiban! karna dari apa yang kita makan itu akan mempengaruhi kualitas kehidupan kita dan keluarga di masa mendatang. kenapa begitu? padahal kesannya sepele ya, coba bayangkan saja, jika kita terbiasa untuk jajan (membeli lauk matang) padahal kita semua tahu, mayoritas penjual makanan menambahkan penyedap rasa pada masakan mereka. padahal kita tahu efek MSG untuk jangka panjang sangatlah buruk. jajan tidak ada salahnya, tapi hendaknya tidak untuk setiap hari. Pemilihan daging atau ikan, cara mencuci sayur atau merebus sayur yang salah pun akan mengurangi zat gizi yang terkandung di dalamnya, jadi alangkah lebih baiknya semua kita lakukan sendiri agar dapat menjamin kandungan gizi dan kesehatan dan kebersihan makanan.

Oleh karena itu, jadikan memasak untuk keluarga sebagai kebutuhan, bukan sekedar kewajiban.

kepandaian memasak tidak bisa jadi dalam satu atau dua kali memasak, karena hal ini perlu kerutinan atau kebiasaan, awalnya mungkin memasak dengan melihat resep masakan yang sudah ada, tapi lama kelamaan akan terbiasa menentukan komposisi bumbu bahakan dapat menciptakan resep sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar