Kamis, 05 Juli 2012

Membersihkan Telinga Kucing

Udah 2 hari ini aku fokus banget sama telinganya Vica, semenjak dia datang, telinganya haduuuuh, kuotorrrrr banget! memang dari awal si pemilik vica cerita kalo beliau ngga sempet buat "memperhatikan" Vica, setiap hari nya Vica cuma dikandang dan dikasih makan, nah cat lovers, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kucing kita ya, termasuk telinganya, kali ini aku mau cerita yang ngga ngenakin dikit nih,, semoga menjadi pembelajaran kita semua...

Ternyata yang dialami Vica bukan hanya kotor telinga yang parah, tapi infeksi telinga akut, karena sudah sampai mengeluarkan (maaf) nanah..
akhirnya setiap pagi sore telinganya aku bersihkan menggunakan kapas, cotton bud ukuran besar yang sebelumnya sudah aku olesi baby oil..
Cukup susah juga sebenarnya membersihkan telinga Vica, mungkin karena dia tidak terbiasa dan juga karena infeksinya yang sakit. gimana ngga sakit, selain karena vica teriak ,pas aku tekan pelan telinganya nanah langsung keluar banyak!

Oia, tidak hanya dibersihkan saja, tapi kasus seperti ini harus membutuhkan antibiotik, sudah 1 hari ini vica minum antibiotik 3 kali sehari (untung ngga susah minum obatnya) tapi belum dapet tetes telinganya, cat lovers, doakan Vica biar cepet sembuh yaa..


Keperluan Vica
Basahi kapas dan cotton bud dengan baby oil agar tidak menyakiti kucing
Pilih cotton bud yang paling besar yang ada di pasaran
ini perbandingan antara cotton bud untuk kucing dengan yang saya pakai
Bersihkan daun telinga dalam dan permukaanya dengan kapas
Untuk bagian yang bergelombang, gunakan cotton bud perlahan
ini (maaf) nanah nya Vica
Jangan lupa sediakan kresek untuk membuang kapas & CB bekas pakai

Buat newbie yang baru memelihara kucing, kalo memang ngga sanggup untuk merawat dengan baik mending ngga usah memelihara, karena tanggung jawabnya bukan semata dengan hewan yang bersangkutan, melainkan pada pemilik kehidupan hewan tersebut, yaitu Tuhan YME...*Pernahkah terfikir jika dalam keadaan sakit si hewan mengadu, menangis pada Tuhan, apakah Tuhan akan diam saja? tentu tidak bukan? jangan sampai kita dijauhkan dari keberkahan gara-gara "penyiksaan" hewan yang tidak kita sadari...*

3 komentar:

  1. wah makasih byk ya mba tipsnya..
    kucingku sering geleng2 kepala mulu sambil korek2 kupingnya pake kaki. trs kluar kotoran item2 gitu. aku bingung ngebersihinnya. secara aku ga prnh ngebersihinnya :(
    aku mau bljr ngebersihinnya. makasih ya mba tipsnya bermanfaat bgt ^^

    BalasHapus
  2. mas pedagang remote, ada juga cairan buat bersihin telinga kucing, cari aja di petshop, harganya sekitar 25.000 buat berkali kali pake, kucing saya yg satunya juga kotoran kupingnya item, rajin2 aja dibersihkan, tapi kalo misalkan udah ngga wajar (banyak banget atau kucing terus menggaruk telinga sampai belakang telinga lecet), bisa jadi itu ear mites alias kutu telinga, periksakan segera ke dokter hewan terdekat yaa, salam buat pus nya, hehe

    BalasHapus
  3. Kalau boleh tauu, antibiotik apa yg mba kasih ke vica ?

    BalasHapus