Kamis, 01 Oktober 2015

Konsultasi dan Rencana Persalinan VBAC (2)

Pukul 20.30 aku balik lg ke RSIA Anugerah, aku dapet antrian ke 7, karena udah kepikiran dan sedih dari sore, tekanan darahku langsung naik jadi 140, sambil nunggu antrian sambil whatsappan sm temen bidan yang malah diceramahin macem2 gara2 curhat Hb rendah, pokoknya untuk masalah ini Ibuku ngga boleh tau, pasienya yg Hb nya 9 koma aja diceramahin habis2an, gimana aku... Hiksss
Ngga berapa lama aku dipanggil, ternyata aku pasien terakhir malam itu, bagus deh, jadi ngga ngrasa bersalah kalo konsultasi panjang lebar karena ngga ada pasien berikutnya yang nunggu.

Pas masuk, nglihat dokternya, kesan pertama : wah mudaaa,
tapi emang kalo konsultasi aku percaya dan suka sama yang muda, karena lebih idealis, ilmunya baru, biasanya lebih ramah dari yang udah senior dan mau ditanyain panjang lebar *pengalaman dari pas hamil Bita dulu sama dokter Sahat, coba kita lihat yang ini..

Setelah aku sampaikan keluhanku tentang Hb yang drop antara takut komplikasi dan takut terus turun bahkan sampe transfusi *amit-amiiiit....

Dan jawaban dokter Suryo seakan memberikan tetesan salju, adeeem bener, dan mungkin tekanan darahku langsung turun jadi 110 seperti biasanya, aiiih lebay

Intinya kata dokter ngga usah cemas *toh udah terjadi, hiksss
ngga semua yang anemi bakal bermasalah dengan proses persalinanya, bisa dibayangkan ibu-ibu yang ngga pernah cek Hb, datang bersalin dengan Hb yang rendah, tetaaaap, akan di antisipasi dengan sedia darah di PMI, jika memang *naudzubillah diperlukan nanti

Kemudian dokter Suryo nanya lagi, persalinan nanti mau SC lagi apa dicoba normal?
Naah, iniiii, the best quotes ever of the year bagiku, rasanya lebih seneng dari terima sms dari 3355, ini yang selama ini aku cari, dokter yang pro VBAC, secara dari kemarin nanya temen di Pekalongan abis SC, di SC lagi...

"Bisa ya Dok?" tanyaku,
"Bisaaa, tapi ada syaratnya"
menurut dokter Suryo, ada empat syarat untuk bisa VBAC, diantaranya jarak anak sebelumnya lebih dari dua tahun, ketuban tidak pecah sebelum waktunya, taksiran berat janin ngga lebih dari 3400gram, dan ukuran rahim ngga terlalu tipis (kurang dari 3 mm) gitu kalo gak salah, maklum lagi seneng banget jadi lupa2 inget.. (CMIIW)

ok, syarat pertama terpenuhi, syarat kedua semoga ketubanku aman sampe pembukaan lengkap, syarat ketiga, sambil di USG, TBJ Kayana udah 3200, padahal HPL masih 2 mingguan lagi, itu tandanya dalam 2 minggu lagi kenaikan maksimalnya sebaiknya jangan lebih dari 200 gram, emang bisaaaa? lemes lagi deh aku..
dan ini yang paling menegangkan, pas dokter ngukur rahim, daaan, yeeee, lulus, semua diatas 3, alhamdulillah, tapi ya itu tadi PR ku masih 2, mengendalikan kenaikan berat janin sama berharap ngga KPD, eh satu lagi, naikin kadar Hb semaksimal mungkin.

Selesai pemeriksaan dan konsultasi, tekadku udah bulat, aku batalkan rencana bersalin di Semarang, oia, kesan berikutnya sama dokter ini : ramah pake banget, baik hati, ngga pelit ilmu, asik buat konsultasi.


Oia, bagi yang berminat untuk konsultasi atau periksa kehamilan dengan beliau, bisa registrasi dulu lewat telfon ke (0285) 431491

dr Suryo Adi Wibowo, SpOG
RSIA Anugerah Pekalongan
jl. Perintis Kemerdekaan no 3 Pekalongan


1 komentar: