Rabu, 13 Maret 2013

Belanja kebutuhan bayi

Walaupun dalam mitos jawa ngga boleh belanja kebutuhan bayi sebelum usia kehamilan tujuh bulan, tapi aku udah gatel banget beli-beli, bukan saat ini aja, tapi malah dari sebelum nikah, sebelum hamil aku udah punya koleksi baju bayi dan kebutuhan bayi lainya, ngga sengaja aja belinya, pas lihat ada yang lucu, langsung deh dibeli, kan ngga mesti nemu yang kaya gitu lagi. saking seringnya beli perlengkapan bayi, jadi kadang malah bisa buat kado temen yang nglairin,

Kemarin ini ibuku yang jawa banget wanti-wanti jangan belanja dulu, lagian aku ngga ngerti alasan ilmiah nya kenapa beli keperluan bayi nya musti nunggu tujuh bulan dulu, analisaku sih yang pertama karena pada usia tujuh bulan, bayi udah sempurna, jadi misalkan (naudzubillahi min dzalik) lahir saat itu, dia udah bisa hidup di dunia luar walaupun kondisinya prematur. nah kalo usia kurang dari segitu, kalo pas tiba-tiba terjadi sesuatu yang gak diinginkan, bayi nya belum bisa bertahan, dan akan semakin membuat sang ibu down ketika ia sudah mempersiapkan segalanya, dan satu lagi, kalau usia kehamilan udah tujuh bulan, biasanya hasil USG nya udah keliatan jenis kelamin bayi, jadi belanjanya bisa fokus, baik warna atau model pakaian udah bisa disesuaikan jenis kelamin. iya juga sih, makanya walaupun sekarang udah belanja-belanja, aku belinya masih yang unisex, jadi mau cewek atau cowok bisa make.

Dan gara-gara mitos ini pula aku merengek-rengek agar dibolehin , soalnya aku gak akan berani ambil keputusan tanpa restu ibuku, bukanya aku percaya mitos itu juga, tapi takutnya tanpa restu ibu malah nanti gimana-gimana. setelah mendengar kata pamungkasku "bu, jangan percaya gitu, itu syirik, masa iya Allah mau menghukum kita gara-gara kita beli baju bayi sebelum usia kehamilan tujuh bulan" dan akhirnya ibuku setuju.

Ibuku juga pernah bilang "belinya nanti aja kalo udah lairan, nanti ibu belikan sekalian 1 lusin, kan gampang"  nah, ini juga masalahnya, aku tipe bosenan, jadi kurang suka kalo beli pakaian bayi lusinan, tar ngliatnya bajunya itu-itu aja, nah kalo beli eceran, kita bisa milih mana aja yang lucu, meski harga lusinan pasti lebih murah, tapi kalo belanjanya nyicil juga ngga akan kerasa.

Eh tapi emang kok godaan perlengkapan bayi di online shop bikin laper mata, belanja di OS menurutku lebih menyenangkan, kita bisa langsung bandingin harga dari OS yang satu ke OS yang lain tanpa harus jalan kaki kelelahan keluar masuk toko, barang-barangnya pun biasanya oke punya, jadi cepet habis, nah aku ngga mau ngalamin kehabisan ini, makanya langsung beli, toh ngga akan basi juga, hehe

Alasanku yang lain kenapa udah nyicil dari sekarang, soalnya kalo belanjanya sekalian bakal kaget, tau sendiri kebutuhan bayi banyak banget dan harganya juga "lumayan" nguras kantong. jadi kalo uda mulai nyicil dari sekarang, mudah-mudahan ngga kerasa.

Nah, tapi ini nih, karena emang belum tau jenis kelamin bayi dan cuman percaya feeling, awal-awal kehamilan feelingku mengatakan kalo aku mengandung baby boy, dan jadilah aku belanja semua yang serba biru, dan setelah usia 28w hasil USG menyatakan baby ku cewek, maka langsung semua kekurangan perlengkapanya aku ganti dengan warna pink kecuali yang unisex tetep kepake ya. sebenernya ngga masalah sih mau warna biru atau pink, tapi berhubung emak nya pink addict, jadilah perburuan selanjutnya didominasi warna pink, untuk yang kemarin udah kebeli warna biru sementara disimpen dulu, siapa tau beberapa tahun lagi hamil anak cowok, hiihi oh ya, bisa juga buat kado..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar